Monday 17 August 2015

Bisnis Internet, tak semudah membalikkan tangan

Ada banyak cara dan macam bisnis di internet, dari penjualan barang, jasa atau yang lain. Jika anda berencana untuk serius memulai bisnis di Internet, mari kita diskusi sama-sama di blog ini. Saya tidak menggurui anda, tetapi mungkin sedikit pengalaman bisa menginspirasi anda dalam bisnis internet ini.
Dalam sebuah artikel di internet yang ditulis oleh internet marketter yang cukup berhasil, Joko Susilo mengatakan bahwa bisnis internet bisa banyak mendatangkan keuntungan yang sangat dahsyat. Dia mengatakan, bahwa dengan bisnis internet yang digeluti selama hampir 16 tahun ini telah memberikan income rata-rata 75 juta sebulan. Sungguh di luar dugaannya, karena seorang yang bukan berlatar belakang IT mampu membangun sebuah kerajaan bisnis internet yang luar biasa. Awaln mulai mengenal Internet dan mulai mempelajari cara menggunakannya setahun setelah dia diwisuda dari Teknik Arsitektur di salah satu perguruan tinggi negeri di Semarang.
Kesibukannya waktu itu adalah mencari informasi tentang peluang usaha… bukan peluang kerja. (sejak awal dia memang tidak berminat bekerja untuk orang lain). “Saya menemukan sebuah website asing yang memuat beberapa kisah sukses anak-anak muda Amerika dalam menghasilkan uang dari Internet. Saya pun juga menemukan begitu banyak bisnis yang mulai berkembang jauh lebih pesat setelah menggunakan Internet sebagai media pemasaran. Bahkan yang lebih menarik, kebanyakan dari mereka menjadi kaya hanya dengan menjual informasi melalui Internet”. Begitu ungkapnya dalam artikel itu.
Namun ingat. Anda tidak boleh terbuai khayalan kosong tanpa kerja keras dan usaha. Karena jika anda pikir setelah memutuskan terjun di bisnis ini anda Cuma perlu menunggu uang mengalir sendiri, anda benar-benar keliru! 90% newbie mengalami kegagalan karena mereka menyangka menjalankan bisnis internet itu semudah membuat website. Kita cuma perlu menunggu wangsit untuk “memulai bisnis,” dan tahu-tahu website jadi terkenal dengan sendirinya. Lalu orang-orang di luar sana memberi anda uang secara suka rela. Padahal yang terjadi nanti tidak demikian.
Meski anda bekerja di rumah. Jam kerja anda sendiri yang menentukan. Hari kerja pun bebas terserah anda. Tapi anda tidak bisa semau-mau anda sendiri. Anda tidak bisa membuang waktu anda percuma tanpa sesuatu yang produktif untuk bisnis anda. Seperti pergi jalan-jalan semalam suntuk. Bangun siang dan bekerja cuma 3 atau 4 jam sehari. Anda tidak bisa begitu... meskipun orang-orang di seluruh dunia sudah melihat website anda, mereka tidak akan begitu saja menyerahkan uang hasil kerja keras mereka pada anda. Percayalah... kesuksesan tidak terjadi dalam tempo semalam. Jadi anda butuh menginvestasikan waktu agar bisnis internet anda menjadi sangat sukses.
Mentor-mentor di bidang internet marketing yang sudah mapan memang tidak harus bekerja berjam-jam dalam sehari. Mereka tidak perlu berlelah-lelah ria menghadapi monitor dan keyboard komputer. Tapi, mereka sudah berkecimpung di bisnis ini jauh sebelum anda menapakkan jejak anda di sini.
Mereka sudah mendaki jalan-jalan terjal yang panjang dan berliku untuk menjadi seorang master, guru, suhu di bisnis ini.
Jadi, mulai sekarang investasikan waktu anda hanya demi kemajuan bisnis anda. Jangan menghamburkan waktu yang anda miliki. Mulailah berdisiplin diri dari sekarang. Kelola waktu anda sebaik mungkin.

Sebagai pemula anda harus membekali diri anda dengan mindset kesuksesan. Percayalah kalau anda berpikir positif maka hasilnya akan positif. Tapi jika anda berpikir negatif, hasilnya pasti negatif. Begitu juga jika anda pikir anda akan sukses, maka sukseslah anda. Tapi jika anda berpikir anda akan gagal, ya... anda pasti gagal. Salam sukses. Amiin.

No comments:

Post a Comment